3 Usulan Prioritas yang Diharapkan Warga dalam Musrenbang Kelurahan Bontang Baru

Musrenbang Kelurahan Bontang Baru
Berbagi ke Sosial Media di bawah ini :

Kelurahan Bontang Baru mengadakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) pada hari Senin, 27 Januari 2020 bertempat di Gedung Auditorium Taman 3 Dimensi. Musrenbang ini merupakan tindak lanjut dari rembug RT se-Kelurahan Bontang Baru yang telah dilaksanakan pada minggu ke-2 dan ke-3 bulan Januari 2020.

Dalam rembug RT yang telah dilaksanakan, pihak Kelurahan bertugas mendampingi pelaksanaan rembug RT dalam hal merumuskan berbagai usulan warga dalam pembangunan di lingkungan RT. Adapun usulan yang ditampung dibagi menjadi 2 (dua) kategori, yakni usulan Program Dua Ratus Juta (PRODUTA) per RT dan usulan Musrenbang.

PRODUTA merupakan salah satu kebijakan dari Walikota dan Wakil Walikota Bontang periode 2016-2021 yang bertujuan untuk meningkatkan sarana dan prasarana umum serta pemberdayaan masyarakat pada setiap RT dengan mengawinkan Visi dan Misi Kota Bontang saat ini, yaitu Smart City, Green City dan Creative City. Pada tahun 2020, anggaran PRODUTA naik dari tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp. 163 juta/RT, yang diharapkan dapat lebih memenuhi kebutuhan fasilitas umum pada setiap RT.

Usulan yang dapat dilaksanakan melalui PRODUTA adalah kegiatan yang tidak melebihi dari jumlah anggaran yang telah ditetapkan. Apabila terdapat usulan yang memerlukan anggaran yang lebih besar, maka usulan tersebut akan masuk ke usulan Musrenbang.

Sebagian besar di wilayah Kelurahan Bontang Baru adalah wilayah dataran rendah dan cekungan, sehingga rentan mengalami genangan atau banjir saat hujan dengan intensitas tinggi maupun pasang air laut (rob) di waktu tertentu. Oleh sebab itu, masalah penanggulangan banjir merupakan salah satu usulan prioritas pada Musrenbang Kelurahan Bontang Baru tahun 2021.

Adapun 3 (tiga) usulan prioritas pada Musrenbang Kelurahan Bontang Baru, yaitu:

  1. Peningkatan Jalan di beberapa kawasan yang rentan banjir.
  2. Pembangunan Jembatan serta Kanal/Parit Besar yang langsung terhubung ke laut.
  3. Penerangan Jalan Umum (PJU) di titik-titik yang gelap.

Dengan 3 (tiga) usulan prioritas tersebut, warga sangat berharap agar bisa menjadi prioritas pada Musrenbang tingkat Kecamatan yang akan dilaksanakan pada minggu ke-2 bulan Februari 2020 yang akan diwakili oleh Tim Delegasi perwakilan RT dan pihak Kelurahan Bontang Baru agar permasalahan banjir segera teratasi.

 

Berbagi ke Sosial Media di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *