Alami Trend Kenaikan 1,97 poin, berikut Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat Kelurahan Bontang Baru tahun 2020

Berbagi ke Sosial Media di bawah ini :

Sehubungan dengan telah dilaksanakannya Penyampaian Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada 53 (lima puluh tiga) Perangkat Daerah/Unit Kerja di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang tahun 2020 dan termasuk ke dalam informasi yang disajikan secara berkala setiap tahun di Kelurahan Bontang Baru, maka disampaikan hal-hal sebagai berikut:

Jenis Layanan dan Responden SKM Kelurahan Bontang Baru

Berdasarkan Survey kepuasan masyarakat yang dilakukan di Kelurahan Bontang Baru ditargetkan 320 (Tiga ratus dua puluh) sampel/responden terhadap 30 jenis layanan. Berdasarkan target sampel tersebut, capaian sampel berhasil dilakukan terhadap 333 (tiga ratus tiga puluh tiga) orang.

Target sampel dari setiap jenis layanan telah tercapai sebanyak 100% hanya pada pelayanan SKCK kurang 1 responden akan tetapi pada jenis layanan KK, Surat Keterangan lainnya, dan surat keterangan Tidak mampu yang melonjak dari 7 target capaiannya menjadi 14 orang responden. Terdapat beberapa jenis layanan yang belum mencapai target responden yaitu SKCK, Surat keterangan Domisili.

Hasil SKM Kelurahan Bontang Baru

Hasil Survey Kepuasan Masyarakat untuk pelayanan di Kelurahan Bontang Baru dinilai BAIK oleh pengguna layanan dengan nilai cukup tinggi, yakni 82.21. Dari 333 responden yang disurvey terhadap 9 unsur layanan, memang sebagian besar dinilai baik dan terdapat satu jenis layanan sangat baik oleh responden.

Kecepatan pelayanan, kesesuaian persyaratan, unsur penanganan pengaduan, prosedur pelayanan, kesesuaian pelayanan, kompetensi petugas pelayanan dan perilaku petugas pelayanan, serta kualitas sarana dan prasarana dan unsur penanganan pengaduan masuk dalam penilaian BAIK oleh masyarakat, sedangkan unsur lainnya, yakni kesesuaian/kewajaran biaya dinilai SANGAT BAIK oleh masyarakat. Hal ini juga dilengkapi dengan tidak adanya keluhan yang masuk untuk semua unsur pelayanan yang dilakukan.

Sementara itu, unsur pelayanan kesesuaian persyaratan dan prosedur pelayanan mendapat nilai terendah namun nilai tetap baik yaitu 3,105 dan 3,114. Berdasarkan kondisi diatas dapat dikatakan bahwa adanya peningkatan pelayanan di Kelurahan Bontang Baru karena semua pada kategori BAIK dan SANGAT BAIK. Namun demikian tetap penting bagi penyedia layanan untuk memperhatikan kualitas setiap unsur agar persepsi masyarakat terhadap layanan yang diberikan semakin menjadi baik.

 

Berdasarkan hasil perhitungan dari 9 unsur/ pertanyaan yang diajukan kepada pengguna layanan, maka secara keseluruhan persepsi masyarakat terhadap pelayanan di Kelurahan Bontang Baru adalah BAIK. Berdasarkan hasil pengukuran terhadap 333 responden, Kelurahan Bontang Baru memiliki Indeks Kepuasan Masyarakat setelah dikonversi sebesar 82,21 yang berarti berada pada interval Mutu Pelayanan Baik (antara 76,61 – 88,30).

Jika dibandingkan dengan tahun 2019, nilai SKM Kelurahan Bontang Baru mengalami kenaikan, yakni dari 80,25 (Mutu Baik) menjadi 82,21 (Mutu Baik). Kenaikan sebesar 1,97 poin ini menunjukkan bahwa saat ini telah terjadi kenaikan kepuasan masyarakat dibandingkan tahap sebelumnya. Kenaikan ini tentu menggambarkan bahwa Kelurahan Bontang Baru berhasil melakukan perbaikan kualitas layanannya dan tentu diharapkan dapat terus memperbaiki lagi pelayanan yang diberikan.

Berdasarkan tabel peringkat unsur layanan, tentunya unsur kesesuaian/kewajaran biaya menjadi unsur terbaik pelayanan yang diberikan oleh Kelurahan Bontang Baru. Hal ini wajar karena semua pelayanan di Kelurahan Bontang Baru memang gratis.

Penanganan pengaduan di Kelurahan Bontang Baru dianggap terbaik ke-dua setelah kewajaran biaya. Hal ini bisa dianggap bahwa kesadaran peningkatan pelayanan serta pentingnya penanganan pengaduan/keluhan yang dilakukan pihak Kelurahan Bontang Baru termasuk sangat baik.

Kewajaran biaya memang merupakan unsur yang dirasa sangat memuaskan oleh para responden mengingat biaya gratis yang diterima. Kesesuaian persyaratan berada pada posisi terakhir atau paling rendah diantara unsur lainnya bersama dengan unsur prosedur pelayanan, yang berarti masyarakat masih menganggap perlunya perbaikan layanan kesesuaian persyaratan dan prosedur pelayanan ini.

Penyampaian standar pelayanan yang lebih jelas/mudah bagi pengguna layanan sebaiknya dilakukan. Unsur kesesuaian persyaratan dan prosedur pelayanan di Kelurahan Bontang Baru ini juga patut menjadi perhatian, karena menjadi kedua terbawah dari penilaian.

Berbagi ke Sosial Media di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *