Hadiri Jamnas PATBM 2019, Kelurahan Bontang Baru Utus Fasilitator, Aktivis dan Forum Anak

Berbagi ke Sosial Media di bawah ini :

Sebanyak 8 (delapan) orang yang terdiri atas Fasilitator, Aktivis dan perwakilan Forum Anak Kota Bontang dari dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB, Kelurahan Bontang Baru dan Kelurahan Tanjung Laut menghadiri pertemuan Jambore Nasional Kader Masyarakat Indonesia Bersama Lindungi Anak (KAMI BERLIAN) 2019 di Jakarta.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari sejak Senin hingga Jumat (25-29/11/2019) di Hotel Mercure Convention Centre Ancol merupakan bentuk perhatian Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) kepada para pejuang hak dan perlindungan anak Indonesia dari unsur Masyarakat yang selama ini berjuang di desa-desa Model PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat). Diharapkan dengan adanya kegiatan ini menjadi wadah memperbaharui dan meningkatkan potensi serta kemampuan Fasilitator daerah, Aktivis desa/kelurahan yang telah dibentuk sejak 2016 lalu.

Deputi Bidang Perlindungan Anak, Nahar dalam sambutannya pada acara Jambore Nasional KAMI Berlian 2019 menyampaikan ”Kami harap pertemuan ini dapat menjadi sarana untuk mengevaluasi manfaat PATBM bagi masyarakat dalam menurunkan angka kekerasan pada anak selama tiga tahun pelaksanaannya. Beberapa pengalaman di berbagai daerah membuktikan bahwa konsep PATBM benar-benar mampu menumbuhkan inisiasi masyarakat dalam menemu-kenali, menelaah, memahami, dan mengambil inisiatif untuk memecahkan permasalahan yang ada secara mandiri,”

“Sinergitas dari berbagai lembaga kemasyarakatan sangat diperlukan untuk mendukung berbagai kegiatan PATBM agar terlaksana dengan baik.

Sinergitas ini melibatkan banyak pihak seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pendidikan, dan tokoh penggiat aktivis anak dan keluarga yang ada di sekitar lingkungan desa/kelurahan PATBM.

Nahar juga mengemukakan kendala dalam pengembangan PATBM ini, salah satunya adalah kurangnya SDM potensial sedangkan isu anak semakin banyak dan berkembang di masyarakat.’’ 

 

Berbagi ke Sosial Media di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *