Keterbukaan Informasi Publik menjadi Topik Utama Rakor PPID Kaltim 2020

rakor ppid kaltim 2020
Berbagi ke Sosial Media di bawah ini :

Dalam rangka sinergi pengelolaan, pelayanaan informasi dan menjalankan Keterbukaan Informasi Publik di Pemerintah Provinsi Kaltim sesuai dengan amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Nomor 14 tahun 2008 yang dilaksanakan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dengan tema “Menuju Kalimantan Timur Provinsi Informatif Tahun 2020” yang dihadiri oleh PPID Utama Kabupaten/Kota dan 3 (tiga) PPID Pembantu Terbaik Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur.

Berdasarkan SK Penetapan Juara Lomba PPID Pembantu di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang Tahun 2019, Kelurahan Bontang Baru menempati Peringkat 3 (tiga) dengan nilai 83,97. Turut hadir pula perwakilan PPID Pembantu Kecamatan Bontang Selatan (Peringkat I) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Peringkat II) serta Dinas Kominfo dan Staistik Kota Bontang selaku PPID Utama dalam Rakor yang diselenggarakan di Ruang Jati Lt. 8 Hotel Grand Jatra, Jl. Jend. Sudirman No.47 Kota Balikpapan.

Ketua Panitia Hj. Nurulita menuturkan, kegiatan ini guna mensinergikan pelayanan informasi dan koordinasi PPID Pembantu Kab/Kota dengan PPID Utama Prov Kaltim. Terutama dalam pengembangan kelembagaan dan pelaksanaan tugas serta tanggung jawab PPID mewujudkan Kaltim Informatif tahun 2020. “Ini juga sebagai pengembangan dan pembinaan PPID sekaligus sinergi PPID Pembantu dan PPID Utama yang ada di Provinsi Kaltim, tuturnya.

Pada kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Komisi Informasi Pusat yakni Bapak Cecep Suryadi dengan pemaparan materi Kelembagaan PPID di Pemerintah Daerah dan Desa serta Komisi Informasi Kaltim, Bapak M. Khaidir dengan materi Monitoring dan Evaluasi Kab/Kota. Adapun peserta yang hadir merupakan Ketua PPID Utama dan Pembantu Kab/Kota yang ada di Provinsi Kaltim.

Di akhir laporan, Nurulita berpesan melalui penyelenggaraan rakor ini merupakan momentum untuk menyatukan langkah, meningkatkan kerjasama dalam upaya memperkuat komitmen dengan langkah-langkah pengelolaan dan pelayanan informasi publik di masing-masing perangkat daerah. “Semoga pelayanan informasi dan penyediaan jenis-jenis informasi sesuai Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dapat terselenggara dengan baik,” harapnya.

Rapat Koordinasi PPID se-Kaltim ini merupakan momentum untuk menyatukan langkah, meningkatkan kerjasama dalam upaya memperkuat komitmen dengan langkah-langkah pengelolaan dan pelayanan informasi publik di masing-masing perangkat daerah. Diharapkan pelayanan informasi dan penyediaan jenis-jenis informasi sesuai Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dapat terselenggara dengan baik.

Berbagi ke Sosial Media di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *