Matangkan Pokdarwis, Kelurahan Bontang Baru Gelar Rapat Koordinasi

Berbagi ke Sosial Media di bawah ini :

BONTANG – Upaya pemantapan Kelompok sadar Wisata (Pokdarwis) Bontang Baru Bersinar (BB) terus di gencarkan Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara.

Tak ayal, mereka melakukan rapat kordinasi  bersama Balai Taman Nasional Kutai Kota Bontang dengan Pengurus Bontang Magrove Park Saleba di Kafe Bucu Saleba ,pada Kamis (17/6/2021).

Sekletaris Lurah (Seklur) Bontang Baru Suiza Ixan Saputro mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantapan kerja bagi Pokdarwis BB tersebut. Bahkan membahas rencana kerja selama 5 tahun ke depan.

“Masing-masing anggota menyampaikan rencana kerja 5 tahun ke depan dalam pengembangan Desa wisata Bontang Baru,” terangnya kepada media ini.

Pengembangan Itu, Kata dia, pemenuhan sarana dan prasarana pendukung wisata Bontang Baru, peningkatan kapasitas SDM pariwisata, mempelopori batik khas Bontang Baru (Batik Rhizopora dan Macaca), pembangunan outlet souvenir kerajinan tangan. Selain itu, promosi paket wisata Bontang Mangrove Park (BMP), dan Kampung Kreatif di sekitar wisata tersebut.

“Rencana ini sangat didukung Balai TNK selaku penanggung jawab BMP. Untuk meningkatkan kunjungan ke BMP serta wilayah sekitarnya. Sehingga meningkatkan pemberdayaan ekonomi Masyarakat dan pelaku UMKM,” bebernya.

Lebih lanjut dia menyebut dalam kordinasi itu, pihaknya akan  melakukan tambahan rekrutmen anggota Pokdarwis dengan sasaran para pemuda atau pemudi di setiap RT yang memliki minat di bidang pariwisata.

“Hal ini ditujukan untuk mengetahui dan memetakan berbagai potensi pariwisata setiap RT, yang kemungkinan akan menjadi daya tarik baru pariwisata Bontang Baru,” paparnya.

Sementara itu, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Bontang Baru, Nur Huda menambahkan kegiatan ini sebagai bentuk upaya bahkan komitmen dari Kelurahan Bontang baru, untuk mengembangkan dan menghidupkan wisata yang berada di wilayah kelurahan Bontang Baru.

“Salah satunya kita bersinergi dengan instansi-instansi serta perusahaan -perusahaan untuk memberikan bantuan pelatihan maupun Sapras agar kedepan Bontang baru lebih siap atau bisa jadi salah satu destinasi wisata penyangga IKN.

 

Sumber : https://inspirasikaltim.com/2021/06/17/maksimalkan-pokdarwis-kelurahan-bontang-baru-gelar-rapat-kordinasi/

Berbagi ke Sosial Media di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *