Menuju Kota Informatif, Kelurahan Bontang Baru ikuti Sosialisasi PPID dan Public Speaking se-Kota Bontang

Berbagi ke Sosial Media di bawah ini :

BONTANG- Sosialisasi dan Pelatihan Public Speaking Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) 2020 yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bontang, mendapat apresiasi dari Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara.

Sosialisasi dengan tema “Menuju Bontang Informatif Tahun 2020” sesuai Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik nomor 14 tahun 2008, di antaranya informasi secara berkala, serta merta, setiap saat, dan informasi dikecualikan yang telah melalui tahap uji konsekuensi.

“Tentu kami sangat mengapresiasi. Apalagi terdapat pelatihan public speaking yang penting dimiliki setiap PPID,” ujar Sekretaris Lurah Bontang Baru Suiza Ixan Saputro, usai mengikuti sosialisasi PPID, di Auditorium 3 Dimensi, Senin (09/03).

Ia menyampaikan, PPID Bontang Baru sendiri telah menyediakan website yang bisa diakses daftar informasi publiknya melalui url http://kel-bontangbaru.bontangkota.go.id/.  Selain itu untuk menjangkau generasi milenial, Kelurahan Bontang Baru juga memiliki beberapa akun sosial media sebagai wadah penyaluran informasi.

“Ada Instagram, Facebook dan Youtube di @ppidbontangbaru. Berita-berita ringan kami muat dan update di akun tersebut, karena saat ini setiap orang telah memiliki smartphone, jadi keterbukaan informasi juga menyesuaikan dengan perkembangan revolusi industri 4.0,” tuturnya.

Sementara itu, dalam sesi tanya jawab dengan narasumber, Bontang Baru menyarankan agar setiap organisasi perangkat daerah (OPD) maupun kelurahan memiliki akun resmi sosial media.

“Berkaca dari pengalaman saat bekerja di Humas dan memegang akun sosial media, terdapat beberapa netizen yang menanyakan pertanyaan di luar tupoksi dari kehumasan, sedangkan bukan wewenang dari humas,” sarannya.

Suiz – begitu ia disapa – mengatakan, dengan memiliki akun sosial media resmi maka masing-masing OPD akan lebih aktif dalam menyajikan keterbukaan informasi dan bisa saling bertukar informasi dengan OPD lain.

Dengan saling sinerginya peran PPID pembantu sebagai pelayanan Informasi publik di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang dalam keterbukaan informasi, akan menjadi motivasi dan komitmen dalam mewujudkan predikat Bontang sebagai kota informatif 2020.

Sosialisasi yang diikuti 100 orang peserta yang terdiri dari Pelaksana PPID Utama, Ketua PPID Pembantu dan Admin, serta Pranata Humas di Lingkup Pemerintah kota Bontang, juga bertujuan meningkatkan pelayanan informasi publik di lingkingan organisasi atau lembaga agar menghasilkan layanan informasi yang berkualitas. (*)

================

Artikel ini telah tayang pada http://memonesia.com/menuju-kota-informatif-kelurahan-bontang-baru-apresiasi-sosialisasi-ppid-2020/

Berbagi ke Sosial Media di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *